Minggu, 22 Januari 2017

CARA MENGGUNAKAN WINBOX MIKROTIK

CARA MENGGUNAKAN WINBOX MIKROTIK



Logo Winbox mikrotik jawaracloud.com
pic: winbox logo
JawaraCloud.com, Winbox merupakan software yang digunakan untuk malakukan remote kepada router mikrotik dengan mode tampilan GUI/grafik, dengan menggunakan winbox ini akan memudahkan sysadmin/teknisi dalam mengkonfigurasi router mikrotik, Anda tidak perlu repot-repot mengetikkan perintah-perintah Mikrotik melalui command line, jadi hanya tinggal klik, klik, dan klik saja. Winbox diperuntukkan bagi sistem operasi windows, apabila Anda ingin menggunakan winbox di sistem operasi linux, caranya klik disini.

Berikut ini langkah demi langkah penjelasan cara mengunakan winbox:
  1. Bacalah basmalah (Bismillahir rahma nir rahim) agar pembelajaran kita diberkahi oleh Allah SWT, aamiin ya robbal alamin :)
  2. Tancapkan salah satu ujung kabel jaringan RJ45 ke Ether2 Mikortik dan ujung lainnya ke LAN Card pada komputer/laptop.
  3. Donwload dahulu winbox di sini.
  4. Jika selesai mendownload, bukalah file winbox.exe dengan cara klik dua kali (2x), sehingga muncul tampilan awal winbox seperti gambar ini:
    winbox mikrotik
    Pic: Mencari Mac Address Mikrotik
  5. Klik menu browse yang kami beri tanda kotak merah seperti gambar diatas ini, maka akan muncul dialog baru seperti tampilan di bawah ini: 
    winbox mikrotik
    Pic: Memilih Mac Address Mikrotik
  6. Pilih atau klik nomor Mac Address nya seperti pada gambar diatas ini
  7. User untuk login adalah admin, dan password awalnya kosong, secara default tidak ada passwordnya bila mikrotik masih baru atau jika belum dirubah passwordnya. 
  8. winbox mikrotik
    pic: tombol connect digunakan untuk masuk ke sistem operasi mikrotik
    Login : admin 
    Password : kosong (tidak usah ketik apapun) 
    kemudian klik connect
winbox mikrotik
pic: menu setting mikrotik menggunakan winbox
    Nah jika sudah muncul seperti itu, maka mikrotik siap di konfigurasi sesuai kebutuhan jaringan komputer kita. lalu bagaimana selanjutnya jika Anda ingin setting mikrotik menggunakan modem telkom indihome? silahkan klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar